Thursday, March 13, 2014

7 hari 7 Teori Jatuhnya Pesawat MAS MH 370.


News.blogspot.com. Sampai detik ini belum ada kejelasan tentang pesawat MAS yang hilang tanpa jejak dan tidak ada tanda sedikitpun ditemukan, segala upaya telah dilakukan termasuk mengerahkan semua kekuatan dan para ahli penerbangan dari China dan Amerika Serikat, para ahli berteori tentang hilangnya pesawat ini, apa sebenarnya penyebabnya, bagaimana pendapat mereka ?

1. Pesawat jatuh ke laut.
Fakta ini didapatkan dari sinyal terakhir pesawat yang hilang diatas laut China selatan, sehingga menyebabkan dikerahkan pencarian besar di sekitar laut ini dan tidak ditemukan bahkan tidak ada tanda-tanda.

2. Pesawat dibajak kesuatu tempat.
Fakta ini didapat dari perusahaan mesin pesawat data peneliharaan mesin  Rolls Royce bahwa pesawat masih terbang hingga 4 jam setelah terputusnya sinyal, teori ini disampaikan oleh para ahli Amerika Serikat.


3. Pilot bunuh diri.
Dugaan ini kuat muncul setelah tanda-tanda matinya semua transponder mati dan tak terlacak, kemungkinan ini bisa terjadi berdasar pengalaman beberapa kejadian.

4. Adanya aksi terorisme.
Teori ini sempat menguat ketika ditemukan 2 penumpang berpaspor palsu didalam pesawat dan ternyata setelah dicek tidak menunjukkan keduanya teroris.

5. Meledak di udara.
Teori ini muncul dari laporan citra satelit Tiongkok yang menunjukkan adanya benda-benda diduga pecahan pesawat MH370 di perairan laut china selatan dan ternyata setelah direspon langsung oleh angkatan laut Malaysia tidak ada tanda apa-apa dan melaoporkannya ke Tiongkok bahwa hal itu salah.

6. Kesalahan mekanik.
Adanya sinyal putar balik pesawat yang dilaporkan oleh angkatan udara malaysia namun dibantahnya kemudian. Informasi ini yang kemudian membawa tim pencari mengarahkan pencarian ke selat malaka dan perairan Thailand.

7. Disembunyikan oleh orang Bunian atau jin.
Orang Bunian (misteri bunian) sebangsa hantu manusia yang muncul dan bisa melakukan hal diluar nalar manusia, atau jin yang dikenal secara spiritual. Mereka telah mengambil dan menyembunyikan pesawat ini ke alam lain dan tidak bisa terlihat kecuali orang-orang tertentu. Raja dukun telah dikerahkan tetapi tidak berhasil. (Malaysia hilang akal)

Beberapa informasi yang tidak akurat ini dan ketidak tegasan pemerintah malaysia telah menyebabkan beberapa negara menghentikan atau mengurangi aktivitas pencarian.
Faktanya pesawat belum ditemukan, menyerahkan semua hasilnya  kepada tuhan asal kita telah berusaha keras adalah hal bijak yang biasanya dilakukan orang yang percaya kepada tuhan, karena semua ini telah diskenario olehnya. Kita asalnya dari tuhan dan pasti kembali kepadaNYA. Tidak ada yang abadi didunia ini kecuali perubahan dan kematian.

Sumber : Harian Jawa Pos

Malaysia sudah hilang akal ?


Bagaimana tidak hilang akal, semua negara tetangga sudah diminta tolong untuk membantu mencari kapal Malaysia Airlines yang hilang tanpa jejak itu tapi hasilnya nol, semua teknologi sudah dicoba ternyata teknologi manusia tidak cukup canggih untuk mencari tanda-tanda sekalipun, yang lucu Malaysia menurunkan ahli nujum untuk urusan itu, dia yang mengaku orang paling jago di dunia ilmu nujum alias paranormal dan hasilnya tidak ada bahkan dia menyebut ini perbuatan Jin dan gondoruwo kata orang Jawa. itu Gondoruwo adalah istilah untuk menyebut raja jin di Pulau Jawa. Maklum Malysia kan masih serumpun sama kite.......

Hebatnya tuhan disitu, bagaimana tuhan telah menghajar orang-orang yang sombong dimuka bumi ini. Ente kan tahu sifat sombong itu tidak disukai oleh Allah, itu nama tuhan saya, tapi kan boleh namanya berbeda tergantung keyakinan masing-masing. Yang salah itu bukan pilot atau kapalnya atau teknologinya tetapi itu pemerintah Malaysia yaitu karena kesombongannya. Kesombongan macam apa ? itu dirinya yang tahu, yaa.. seperti tahu itulah bukan tempe...

Kalau suatu kaum beriman atau masih ada orang-orang beriman atau soleh disitu musibah itu tidak akan terjadi...itu kata kitab suci firman tuhan. Musibah itu karena banyaknya dosa-dosa manusia karena ketidak taatan manusia kepada perintah tuhan, termasuk penumpang dan krue pesawat terutama pemerintah Malaysia. Analisanya begitu...menurut spiritual ringan orang timur termasuk yang dipercayai Malaysia.

Kenapa orang beriman tidak boleh percaya sama dukun ? atau paranormal ? yaa...karena dia sesungguhnya berkolaborasi atau kerjasama sama jin,syetan dan komunitasnya dan mencuri informasi kebenaran sebatas kemampuannya yang tidak mungkin benar pada tingkat selanjutnya. Maksudnya dia diberikan kebenaran sedikit...kemudian mengelabui orang dengan bukti nyata sehingga orang lain percaya kepadanya bukan kepada tuhan.

Dosa dosa anggota keluarga yang ditinggalkan juga berperan kepada musibah ini, koreksi diri dan lacak lagi sekarang apakah memang benar keluarga berada di jalan yang benar dan tidak terpengaruh oleh gemerlapnya dunia ? dan cara-cara yang kotor untuk mendapatkan harta ?

Kalau semua minta maaf kepada tuhan dan mulai hidup baru dengan tekad maka pesawat itu akan ditemukan terutama dalam diri masing-masing orang yang saya sebut tadi.

Misteri Orang Bunian, makhluk halus yang culik Malaysia Airlines


Dukun sakti Malaysia, Ibrahim Mat Zin, menyatakan bahwa kemungkinan penumpang Malaysia Airlines yang hilang di Laut China Selatan dibawa oleh makhluk halus bernama Orang Bunian. Sebenarnya, siapa orang Bunian ini?

Orang Bunian adalah sebutan orang Melayu terhadap makhluk halus sejenis manusia yang tinggal di dunia mereka sendiri dan terkadang sering mampir ke dunia nyata. Disebutkan, hanya orang tertentu saja, yang dibekali ilmu gaib misalnya, yang bisa mengetahui keberadaan mereka.

Di Indonesia, Orang Bunian sering diartikan sebagai Peri. Namun, sebenarnya hal ini kurang tepat karena Bunian sendiri berarti orang yang bersembunyi atau orang yang bersiul dalam Bahasa melayu.

Penampakan mereka mirip dengan kebanyakan orang Asia Tenggara, memiliki postur tidak terlalu tinggi, rambut hitam, dan kulit sawo matang. mereka biasanya terlihat cantik dan tampan sehingga kemudian disejajarkan dengan Peri.

Orang Bunian disebutkan tinggal di dimensi lain dari yang didiami manusia. Seperti manusia, mereka juga berkeluarga dan memiliki struktur sosialnya.

Tidak ada perbedaan mencolok jika kita membandingkan Orang Bunian dengan manusia biasa. Maka dari itu, banyak cerita kemudian menyebutkan bahwa Orang Bunian bisa jatuh cinta dengan manusia biasa, atau sebaliknya.

Jika hal ini terjadi, maka biasanya Orang Bunian akan membawa orang yang dicintainya itu ke dunia gaibnya dan dinikahi untuk selamanya. Sehingga, ada kemungkinan para penumpang Malaysia Airlines saat ini telah dibawa ke dunia Orang Bunian ini.

Hingga saat ini memang belum ada kepastian apakah keberadaan Orang Bunian bisa dibuktikan dengan cara ilmiah. Berita mengenai mereka pun hanya bersumber dari cerita rakyat atau dongeng yang tidak diketahui sumbernya.

Rumit: Pesawat MH370 Sempat Terbang 4 Jam Setelah Hilang Kontak


Misteri hilangnya pesawat bernomor penerbangan MH370 berkembang menjadi rumit. Sebuah laporan terbaru muncul dan menyebutkan bahwa pesawat tersebut masih sempat terbang selama beberapa jam pasca komunikasi terakhirnya.

Laporan dari Wall Street Journal tersebut mengatakan bahwa penyidik aviasi Amerika Serikat dan petugas keamanan meyakini bahwa mesin pesawat yang hilang itu masih mengirimkan data ke pusat kendali di darat. Informasi ini mengutip sumber dari dua orang dalam yang menolak disebutkan namanya. Namun seperti dilansir dari CNN, Kamis (13/03), laporan tersebut belum dikonfirmasi kembali.

Bila pesawat benar tetap terbang selama lebih dari 4 jam setelah komunikasi putus, ini bisa jadi masalah sulit. Pesawat itu bisa saja telah berjarak ratusan kilometer dari wilayah pencarian saat ini.

Mesin pesawat tersebut dikabarkan telah dibekali sistem pemantauan dari pabriknya, Rolls-Royce PLC. Dalam satu periode tertentu, sistem ini mengirimkan data perihal kesehatan mesin, pemakaian serta pergerakan pesawat ke pusat kendali di darat.

Malaysia Airlines telah mengirimkan data mesin tersebut ke Rolls-Royce untuk dianalisa. Data tersebut sekarang sedang dianalisa untuk mengetahui jalur penerbangan pasca komunikasi terputus.

Juru bicara Rolls-Royce Asia, Erin Atan menolak berkomentar terhadap laporan tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa "masalah tersebut merupakan investigasi kecelakaan udara resmi."

Satu-satunya kata terakhir yang diketahui berasal dari kru penebangan adalah, "Alright, good night." Pejabat Penerbangan Sipil Malaysia, Zulazri Mohd Ahnuar mengatakan dirinya tak dapat mengetahui siapa yang mengucapkan kata-kata itu


via www.cnn.com

Panduan Memilih Casual Game dari Gameloft

Gameloft merilis berbagai jenis game, ada yang dipertuntukkan bagi hardcore gamer ada pula yang diperuntukkan bagi gamer casual.
Dari sekian banyak game uang dirilis, bisa jadi Anda membutuhkan bantuan untuk mengenal dan memilih mana kira-kira yang cocok atau sesuai dengan minat Anda.
Nah, Gameloft merilis panduan dalam bentuk grafik yang mencoba untuk memberikan beberapa penjelasan untuk membantu memilih casual game yang mereka rilis. Panduan ini cukup menarik dan dihadirkan dengan bahasa yang lucu, sehingga tetap bisa membantu dalam suasana fun.
Ada berbagai macam game yang bisa dipilih mulai dari Fantasy Town, Despicable Me Minion Rush, Shark Dash sampai dengan Tank Battles.
Untuk lebih lengkap bisa melihat gambar di bawah ini.
Casual-Game-Charts

Mengapa Hilangnya Malaysia Airlines Dibilang Janggal? Ini Alasannya



KOMPAS.com — Pesawat Malaysia Airlines dengan rute Kuala Lumpur-Beijing hilang kontak sejak Sabtu (8/3/2014) pukul 02.41 waktu setempat. Nasib pesawat dan penumpang belum diketahui hingga saat ini. Skenario terburuk, pesawat jatuh ke lautan dan semua penumpang tewas.

Pada banyak pemberitaan, disinggung bahwa hilangnya Malaysia Airlines adalah kejadian yang janggal. Pakar penerbangan dibuat bingung oleh kejadian ini. Nah, apa sebenarnya yang membuat para pakar mengatakan kejadian ini janggal?

Boeing 777-200 salah satu pesawat terbaik

Boeing 777-200 adalah pesawat terbaik yang pernah dibuat dan beroperasi saat ini. Bukan cuma Malaysia Airlines yang menggunakannya, melainkan juga maskapai seperti United dan American Airlines. Garuda Indonesia juga menggunakan keluarga pesawat Boeing 777, yakni Boeing 777-300ER.

Pengamat penerbangan, Dudi Sudibyo, mengatakan, Boeing 777-200 terbang pertama tahun 1995. "Selama 13 tahun terbang, tidak ada kecelakaan fatal. Baru dua, Malaysia Airlines yang hilang saat ini dan kecelakaan Asiana Airlines Juli 2013 lalu di San Francisco," katanya.

Malaysia Airlines salah satu maskapai terbaik

Malaysia Airlines juga dikenal sebagai maskapai yang mengutamakan keselamatan. Banyak pesawat, termasuk di Indonesia, dikritisi karena pemeliharaan yang kurang baik dan mengabaikan aspek keselamatan. "Ini saya kira tidak terjadi pada Malaysia Airlines," kata Dudi.

Dalam kurun waktu 40 tahun terakhir, kecelakaan fatal bisa dihitung jari. Tahun 1977, 100 orang tewas dalam penerbangan MH653 dengan pesawat Boeing 737-200 di Johor. Penyebab kecelakaan adalah pembajakan. Tahun 1995, 34 orang tewas dalam penerbangan MH2133 dengan pesawat Fokker 50. Penyebab kecelakaan adalah kesalahan pada pilot.

Pesawat berada di fase penerbangan paling aman

Fase penerbangan paling kritis adalah saat lepas landas dan pendaratan. Di sini, keahlian pilot memainkan peranan penting. Peristiwa hilang kontak Malaysia Airlines terjadi di ketinggian 35.000 kaki pada fase penerbangan paling aman.

Todd Curtis, mantan teknisi keamanan Boeing, dikutip AP, Minggu (9/3/2014), mengatakan, jika pesawat mengalami kecelakaan, kejadian harus sangat cepat sehingga pilot tak sempat meminta pertolongan. Jika ada kerusakan mesin, pilot seharusnya masih bisa minta pertolongan lewat radio.

Dudi mengatakan, kejadian pada Malaysia Airlines kali ini mengingatkan pada kecelakaan yang menimpa Adam Air pada tahun 2007 serta Air France pada tahun 2009.

Tak ada sinyal "distress"

Dudi mengungkapkan, pesawat masa kini dilengkapi dengan alat bernama emergency locator trasmitter dan emergency beacon. Dua alat ini berfungsi memberitahukan lokasi pesawat atau seseorang.

Dihubungi Kompas.com, Minggu, Dudi mengatakan, alat tersebut akan memancarkan sinyal jika pesawat menabrak benda keras atau jatuh.

Bila Malaysia Airlines terkonfirmasi jatuh, seharusnya ada sinyaldistress yang dipancarkan oleh alat tersebut. Namun, ternyata, sinyal itu tidak diterima oleh otoritas mana pun. Ini jadi tanda tanya.

Meskipun demikian, Dudi mengungkapkan mungkin sinyal tidak diterima karena pesawat jatuh terlalu dalam di lautan sehingga sinyalnya tidak sampai permukaan, atau sinyal tertutup oleh badan pesawat.

Arah terbang pesawat

Pada saat-saat terakhir terbang, pesawat terbang ke arah 25. Namun, tiba-tiba pesawat berputar ke arah 40. Penyebabnya belum diketahui. Pantauan radar menyebutkan bahwa pesawat kemungkinan berbalik arah.

Pelajaran dari Hilangnya MH370, Kikis Ketergantungan pada Kotak Hitam



KOMPAS.com - "iPhone yang Anda miliki lebih berdaya daripada komputer yang mengumpulkan bukti di kokpit. Sedikit perubahan bisa membantu menjawab lebih cepat mengapa sebuah kecelakaan pesawat terjadi"


Itulah lead tulisan Stephen Trimble, pengamat penerbangan dan editor Flightglobal.com, yang diterbitkan the situs web The Guardian, Minggu (9/3/2014), sehari setelah hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 pada Sabtu (8/3/2014) dini hari.

Belajar dari kecelakaan pesawat Air France 447 pada tahun 2009, butuh hampir dua tahun untuk menemukan kotak hitam pesawat yang terlempar ke dasar laut pada kedalaman 4,7 km. Setelah kotak hitam ditemukan, masih butuh kira-kira setahun untuk menganalisis data.

Proses untuk menemukan kotak hitam itu bukan hanya membuat penasaran dan menyengsarakan, tetapi juga menelan biaya besar. Pencarian kotak hitam Air France menelan dana hingga puluhan juta dollar AS!

Sementara kotak hitam belum ditemukan, berbagai spekulasi bisa muncul. Dalam sejarah kecelakaan pesawat, spekulasi bisa mulai kesalahan pilot, masalah teknis, hingga penculikan oleh alien. Pada kasus MH370, spekulasinya mulai masalah teknis, terorisme hingga pilot bunuh diri.

Dalam tulisannya, Trimble mengajak untuk memilikirkan kembali penggunaan teknologi tambahan selain kotak hitam guna membantu menguak sebab kecelakaan pesawat. Teknologi tambahan itu adalah penggunaan sistem satelit.

Trimble mengatakan, "Misteri yang tak kunjung terjawab dari hilangnya Malaysia Airlines MH370 ialah kesalahan dari masyarakat terkoneksi kita yang aneh. Bahkan mobil punya koneksi broadband, tapi jet, teknologi transportasi paling maju, masih eksis di era radio."

Pengendali lalu lintas udara saat ini harus berkomunikasi dengan pesawat lewat suara. Tidak ada jaringan data di kabin yang memungkinkan setiap pesawat mengirimkan data yang dikoleksi dan disimpan ke darat.

Akibatnya, ketika sebuah pesawat hilang, mengalami kecelakaan parah hingga puing dan kotak hitamnya sulit ditemukan, sebabnya sulit untuk diketahui. Ujungnya, selama berhari-hari bahkan bertahun-tahun, yang ada hanya spekulasi.

Hilangnya MH370, kata Trimble, harus menjadi momen untuk berpikir lagi tentang teknologi yang membantu keselamatan penerbangan. Teknologi itu sudah ada, tinggal niat untuk mengaplikasikannya, walaupun akan menambah biaya.

"Terus terang, ini tidak mudah. Relatif sederhana dan murah bagi kotak hitam untuk menyimpan ber-megabit data penerbangan yang berharga tiap detiknya. Jauh lebih sulit dan mahal untuk mengirimkan data terus menerus dengan satelit atau radio," ungkap Trimble.

Namun, seikit data yang bisa ditransmisikan saja, itu sudah akan membantu. "Bisa secara langsung menginstal prosesor yang terhubung dengan kotak hitam, yang bisa memilih sejumlah data yang paling relevan," katanya.

Trimble mengungkapkan, paten milik Boeing saat ini mendeskripsikan sistem tersebut. Pada sistem itu, data yang bisa dikirim antara lain lokasi pesawat. Data bisa direkam secara otomatis oleh sistem ataupun oleh pilot.

Ada biaya memang. Namun, Trimble mengungkapkan bahwa dengan teknologi itu, melibatkan banyak negara untuk mencari puing pesawat tak akan lagi diperlukan. Data penting yang dikoleksi dan dikirimkan secara langsung bisa memberi petunjuk sebab terjadinya kecelakaan.

Bila teknologi itu digunakan, penerbangan komersial akan memasuki era informasi. Dan dengan begitu, upaya menguak apa yang terjadi pada sebuah penerbangan takkan serumit mencari pesawat Amelia Earhart yang sudah puluhan tahun hilang tetapi belum juga ditemukan. 


Hilangnya Malaysia Airlines mirip dengan Adam Air?


KOMPAS.com — Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 hilang kontak sejak Sabtu (8/3/2014) pukul 02.40 waktu setempat. Hilang kontak terjadi kurang lebih 2 jam setelah pesawat dengan rute Kuala Lumpur-Beijing itu lepas landas pada pukul 00.41 dini hari.

Kasus hilangnya MH370 dinilai janggal. Pertama, pesawat itu terbang di ketinggian yang paling aman, sekitar 35.000 kaki. Kedua, Malaysia Airlines dinilai sebagai operator penerbangan yang baik. Ketiga, Boeing 777-200 adalah pesawat dengan dukungan keselamatan terbaik saat ini.

Bagaimana MH370 bisa hilang? Itu masih misteri. Namun, hilangnya pesawat dan kemungkinan jatuhnya pesawat, seperti pada MH370, ternyata bukan pertama kali terjadi. Kasus serupa pernah menimpa maskapai negara lain, termasuk Indonesia.

"Sebenarnya ada kasus yang mirip dengan hilangnya Malaysia Airlines ini, yaitu Air France (AF447) yang jatuh di Atlantik dan Adam Air (DHI 574) yang jatuh di Perairan Majene," ujar pengamat penerbangan, Dudi Sudibyo. 

"Pesawat tiba-tiba hilang kontak kurang lebih dua jam setelah lepas landas dan saat terbang di ketinggian yang sebenarnya paling aman," ungkap Dudi saat dihubungi oleh Kompas.com, Minggu (9/3/2014). 

Dalam kasus Adam Air, pesawat lepas landas pada 1 Januari 2007 pukul 12.55 WIB dari Bandara Juanda, Surabaya, menuju Bandara Sam Ratulangi, Manado. Namun, pesawat kemudian hilang kontak sejak pukul 15.05 Wita. 

Pada kasus Air France, pesawat berangkat dari Bandara Rio de Janeiro-Galeao pada 31 Mei 2009 pada pukul 22.29 UTC menuju Bandara Charles de Gaulle, Paris. Seharusnya, pesawat itu tiba 10 jam 34 menit setelah penerbangan. Namun, 3 jam 6 menit setelah lepas landas, pesawat hilang kontak.

Dalam kasus Adam Air dan Air France, yang terjadi ternyata adalah kecelakaan pesawat. Kedua pesawat itu jatuh di lautan. Dalam kasus Malaysia Airlines, kecelakaan hingga jatuh ke laut masih dianggap sebagai skenario terburuk dari kasus hilang kontak ini.

Menurut Dudi, ada dua kemungkinan pesawat bisa hilang kontak pada ketinggian yang paling aman. Pertama adalah masalah teknis yang sulit atau tidak segera dikendalikan pilot. Kedua adalah sabotase, yang dalam kasus Malaysia Airlines dikaitkan dengan terorisme.

"Kalau pada Adam Air, seperti yang kita ketahui yang terjadi adalah masalah teknis," kata Dudi. Bagian pesawat yang disebut internal reference system (IRS) rusak. Bagian ini seharusnya diganti oleh manajemen maskapai, namun hal itu tidak dilakukan.

Kerusakan IRS berdampak pada tak berfungsinya kemudi otomatis. Akhirnya, pilot tak sadar bahwa pesawat miring. Perubahan kemiringan terjadi 1 derajat per detik. Ketika kemiringan sudah lebih dari 35 derajat, pesawat tak stabil. 

Kemiringan terus berubah hingga mencapai 100 derajat. Ketika pesawat makin tak stabil, pilot sudah kesulitan untuk membalikkan dan menstabilkan lagi. Akhirnya, pesawat pun jatuh ke laut, terbelah dua.

"Kasus Malaysia Airlines ini bisa saja dipicu masalah teknis walaupun saya tidak mengesampingkan unsur sabotase," ujar Dudi. Namun, hal itu masih harus dibuktikan dengan mencari dan menyelidiki kotak hitam.

Pencarian kotak hitam, Dudi menduga, takkan mudah jika pesawat memang jatuh di lautan. Pada kasus Adam Air, kotak hitam baru ditemukan setahun kemudian di dasar laut berkedalaman 2.000 meter. Sementara pada kasus Air France, kotak hitam baru ditemukan pada Mei 2011. Laporan resmi penyebab kecelakaan baru dirilis 5 Juli 2012.  


CIA: Pilot Malaysia Airlines Mungkin Bunuh Diri


TEMPO.CO, Kuala Lumpur – Enam hari sudah pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang. Dan sudah selama itu pula belum ada petunjuk mengenai keberadaan dan penyebab menghilangnya pesawat berjenis Boeing 777-200ER tersebut.

Berbagai spekulasi pun bermunculan, mulai aksi terorisme hingga bunuh diri yang dilakukan sang pilot. Dugaan bunuh diri disampaikan Kepala Badan Intelijen Amerika (CIA), John Brennan, saat ditanya perihal kemungkinan penyebab jatuhnya pesawat. (baca:Malaysia Airlines Diduga Jatuh di Tenggara Vietnam)

“Saya pikir ada banyak spekulasi saat ini,” katanya, seperti dikutip laman Daily Mail, Rabu, 12 Maret 2014. Saat ini CIA turut membantu Malaysia untuk mencari segala macam kemungkinan, termasuk bunuh diri, yang menjadi penyebab hilangnya pesawat. (baca:Tragedi Malaysia Airlines, AS Akui Pernah Ingatkan Soal Boeing 777).

Spekulasi ini muncul karena hilangnya pesawat dari radar benar-benar aneh. Menurut Brennan, pesawat bisa hilang dari radar jika pilot dengan sengaja mematikan transponder sebelum akhirnya menghilang.

Brennan menambahkan, dugaan terorisme tidak bisa dikesampingkan begitu saja mengingat ada dua penumpang yang berhasil naik pesawat dengan dua paspor curian, meski kemudian hasil penyelidikan tidak menemukan keterkaitan antara kedua orang ini dan jaringan terorisme.

“Mungkinkah ini hanya semacam bencana? Saya rasa kita tidak boleh mengesampingkan setiap baris penyelidikan,” katanya.

Pesawat yang terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing ini dilaporkan hilang pada Sabtu, 8 Maret 2014. Sejumlah negara, termasuk Indonesia, telah menerjunkan tim untuk mencari keberadaan kapal tersebut.

Di dalam kapal terdapat 227 penumpang dan 12 awak kapal. Di antara penumpang itu setidaknya ada 153 warga negara Cina, 38 warga Malaysia, tujuh warga Indonesia, enam warga Australia, lima warga India, empat warga Prancis, dan tiga warga Amerika.

5 Teori Penyebab Jatuhnya Malaysia Airlines

Jatuhnya pesawat Malaysia Airlines sangat menggemparkan dunia aviasi lokal Malaysia serta dunia. Media Malaysia mulai mengumpulkan sejumlah teori berkaitan dengan jatuhnya pesawat bernomor MH370 ini.

Berikut lima teori tersebut seperti dilansir dari Star, Senin (10/3/2014).

1. Tindakan terorisme

Spekulasi mengenai adanya tindakan terorisme muncul setelah Pemerintah Malaysia mengumumkan adanya dua orang pengguna paspor palsu. Sontak, laporan tersebut segera menimbulkan dugaan tentang adanya serangan teroris dalam pesawat.

Namun, dugaan ini langsung disangkal oleh Pemerintah Malaysia dan sejumlah ahli. Mereka menjelaskan tidak ada bukti kuat yang bisa memperkuat dugaan serangan terorisme.

2. Adanya ledakan

Beberapa ahli penerbangan menyatakan bisa saja penyebab hilangnya MH370 adalah ledakan. Ini diperkuat dengan bukti dari waktu jelajah pesawat yang berada dalam ketinggian fase jelajah aman dan telah berada dalam kondisi autopilot.

"Ini tidak menutup kemungkinan adalah sebuah ledakan, bisa disebabkan oleh sambaran petir atau dekompresi yang parah," ujar seorang pengamat yang namanya dirahasiakan.

"Boeing jenis 777 masih bisa terbang setelah sambaran petir dan dekompresi. Tapi bila ledakan telah terjadi ini benar-benar sebuah akhir," ujarnya.

3. Kesalahan mesin

Penyebab ini muncul bertepatan dengan dugaan adanya perputaran arah yang dilakukan pesawat di saat terakhir sebelum hilang kontak. Hal ini pun diduga terkait dengan kesalahan mekanis yang terjadi.

Akan tetapi, teori ini terbantahkan dengan adanya panggilan darurat yang otomatis muncul saat pesawat hilang kontak. Pernyataan ini juga diperkuat dengan pernyataan CEO Malaysia Airlines Ahmad Jauhari Yahya yang mengatakan bila pesawat berbalik arah maka pilot akan membuat panggilan darurat atau sinyal untuk kembali.

4. Mesin yang tiba-tiba mati

Teori ini sangat berdekatan dengan kejadian jatuhnya pesawat Air France pada 2009. Banyak pihak menduga kejadian ini sangat mirip dengan Malaysia Airlines.

Dugaan awal Malaysia Airlines jatuh karena badai. Namun setelah penyelidikan yang dilakukan selama dua tahun, gagalnya pilot mengganti autopilot dengan mode manual secara seketika turut dimasukkan dalam penyebab jatuhnya Air France.

5. Kesalahan pilot

Kesalahan pilot menjadi teori terakhir dari jatuhnya pesawat Malaysia Airlines. Tetapi teori ini bisa dilemahkan oleh jam terbang tinggi yang dimiliki oleh Pilot Malaysia Airlines.

 
Copyright 2010 Info Dunia. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman